News Update 27 November 2012 06:57:42: Perubahan Kurikulum Tidak Melibatkan Guru

Pendidikan Indonesia Ada di Peringkat ke-69

Bookmark and Share
14 November 2012 - 08:57:31 » Diposting oleh : admin » Hits : 557

Pendidikan Indonesia Ada di Peringkat ke-69

 

Pendidikan menjadi pondasi kemajuan suatu bangsa. Pendidikan menjadi sarana untuk membentuk generasi penerus bangsa. Semakin maju kualitas pendidikan semakin maju pula negara tersebut. Pendidikan merupakan faktor utama dalam membangun karakter bangsa dan faktor untuk menggerakkan perekonomian suatu bangsa. Pendidikan adalah sebuah sistem yang terdiri dari berbagai komponen yang saling terkait. Kemajuan pendidikan tidak terlepas dari peran semua elemen masyarakat.

Pendidikan di Indonesia masih jauh dari kata baik. Menurut Education For All Global Monitoring Report 2011, menyebutkan pendidikan Indonesia masih tertinggal. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh UNESCO, yang dikeluarkan setiap tahun yang berisi hasil pemantauan pendidikan dunia, pendidikan Indonesia ada di peringkat ke-69.

Perkembangan pendidikan Indonesia masih kalah bila dibandingkan dengan negara-negara berkembang lainnya. Indonesia yang ada di posisi ke-69 berdasarkan Education Development Index (EDI), kalah dengan negara tetangga, yaitu Brunei yang ada di peringkat ke-34 dan Malaysia di peringkat ke-65.

Tidak meratanya pendidikan juga mengakibatkan kualitas masyarakat Indonesia tertinggal dibandingkan dengan negara lain. Padahal pendidikan merupakan faktor utama dalam membangun karakter bangsa dan faktor untuk menggerakkan perekonomian suatu bangsa.

Selain tidak meratanya pendidikan, akses pendidikan di Indonesia juga perlu mendapat perhatian, lebih dari 1,5 juta anak tiap tahun tidak dapat melanjutkan sekolah. Sementara dari sisi kualitas guru dan komitmen mengajar terdapat lebih dari 54 persen guru memiliki standar kualifikasi yang perlu ditingkatkan dan 13,19 persen bangunan sekolah dalam kondisi perlu diperbaiki.

Untuk memajukan pendidikan tidak bisa hanya dilakukan oleh satu pihak saja, semua elemen masyarakat harus ikut bergerak untuk memperbaiki kuliatas pendidikan. Semakin besar kesempatan masyarakat Indonesia dapat mendapatkan pendidikan berkualitas, akan mampu mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi serta mampu menjawab tantangan global.

Sumber: Kompas

 

Tags :

Info Terkait

Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 135 + 2 = ?
Buku Sekolah ElektronikNomor Induk Siswa (NISN)PPDB 2014Dinas Pendidikan Kota YogyakartaHasil UTS
Online Support & Saran
Admin Sekolahtyas.kpt2
Komitekomitekeputran2
Adminsdnkeputran2
Chat BOX
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:1
Total Pengunjung:170680
Total Hits:500976