Administrasi Guru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)           

 

 

Satuan Pendidikan

:

SD Negeri Keputran II

Mata Pelajaran

:

Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester

:

V/2

Alokasi Waktu

:

1 x 30  menit

 

  1. A.     

Standar Kompetensi

 

 

5.

 Memahami hubungan antara  gaya, gerak , dan energi serta fungsinya

  1. B.      

Kompetensi Dasar

 

 

5.1

Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan

(gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)

  1. C.     

Indikator

 

 

  1. 1.       

Kognitif

 

 

  1. a.       

Produk

 

 

 

Membedakan pengertian benda yang  bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.

 

 

  1. b.       

 Proses

 

 

 

Mengidentifikasi  benda-benda  yang  bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.

 

  1. 2.       

Afektif

 

 

1)       

Bekerja sama mengerjakan tugas kelompok.

 

 

2)       

Menghargai pendapat teman dalam diskusi kelompok.

 

  1. 3.       

Psikomotor

 

 

 

Mendemonstrasikan  pemanfaatan benda-benda  yang  bersifat magnetis

dan yang tidak magnetis dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

  1. D.     

Tujuan Pembelajaran

 

  1. 1.       

Kognitif

 

 

  1. a.      

Produk

 

 

 

Setelah melakukan tanya jawab siswa dapat membedakan pengertian benda yang  bersifat magnetis dan yang tidak magnetis dengan benar.

 

 

  1. b.     

Proses

 

 

 

Setelah melakukan percobaan, diskusi tentang  berbagai macam benda magnetis dan tidak magnetis, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda  yang  bersifat magnetis dan yang tidak magnetis dengan tepat.

 

 

  1. 2.       

Afektif

 

 

  1. a.       

Setelah melakukan diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dengan teman

 

 

  1. b.       

Setelah melakukan diskusi kelompok  siswa dapat menghargai pendapat teman.

 

 

 

 

 

  1. 3.       

Psikomotor

 

 

 

Setelah penugasan  siswa dapat mendemonstrasikan pemanfaatan  benda yang  bersifat magnetis dan yang tidak magnetis dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

 

 

 

 

  1. E.      

Materi Pokok Pembelajaran

 

Gaya Magnet

  1. F.      

Pendekatan, Model dan Metode  Pembelajaran

 

  1. 1.       

Pendekatan

:

Student Centre

 

  1. 2.       

Model

:

Contextual Teaching ang Learning

 

  1. 3.       

Metode Pembelajaran

:

Percobaan

 

 

 

 

 

 

Diskusi

 

 

 

 

 

 

Tanya Jawab

 

 

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

                 
  1. G.     

Kegiatan Pembelajaran

 

No

Kegiatan

Waktu (menit)

 

  1. 1.       

Kegiatan Awal

       a.            Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.

      b.            Guru melakukan presensi.

       c.            Guru menghubungkan pengetahuan awal siswa tentang berbagai macam benda yang  ada di lingkungannya dengan memberikan pertanyaan berbagai , “Adakah lemari es di rumahmu?

      d.            Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

 

5

 

  1. 2.       

Kegiatan Inti

Eksplorasi:

              a.            Siswa menjawab pertanyaan guru tentang berbagai macam benda dan sifatnya kemagnetannya menuju ke materi pembelajaran. Rumusan masalah yang di harapkan,”Apakah yang dimaksud dengan pengertian benda magnetis dan tidak magnetis itu?

              a.            Siswa menjawab pertanyaan guru tentang pengertian  benda magnetis dan tidak magnetis itu?

Elaborasi:

              a.            Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 3-4 anak.

             b.            Siswa melakukan percobaan dan diskusi kelompok untuk menentukan benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis.

              c.            Siswa secara berkelompok mengerjakan LKS tentang berbagai macam benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis.

             d.            Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.

              e.            Diskusi kelas untuk menarik kesimpulan. Hasil kesimpulan yang diharapkan adalah bahwa berdasarkan sifat kemagnetannya benda dapat di bedakan menjadi dua yaitu benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis.

              f.            Siswa secara individu diberi tugas untuk mendemonstrasikan pemanfaatan benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis dalam kehidupan sehari-hari.

Konfirmasi

               a.          Guru bertanya ”Apakah kalian telah mengerti tentang pengertian benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis?

              b.          Guru meberikan penekanan pada hal-hal yang belum dimengerti siswa.

               c.          Guru dan siswa menarik kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. Kesimpulan yang di harapkan adalah, ternyata setiap benda mempunyai sifat kemagnetan yang berbeda-beda. Logam mempunyai sifat kemagnetan yang kuat dibandingkan kayu atau plastik.  Logam mulia (emas) tidak dapat di tarik oleh magnet.

 

 

 

20

 

  1. 3.       

Kegiatan Akhir

              a.            Siswa mengerjakan soal penilaian ketercapaian kompetensi

             b.            Siswa diberi tugas pekerjaan rumah sesuai materi yang  dipelajari.

5

 

 

 

 

  1. H.     

Sumber dan Media Pembelajaran

 

 

1.

Sumber Pelajaran

:

Silabus, KTSP  SD 2006, BSNP

 

 

 

 

Buku IPA Kelas V, BSE  Karangan Heri Sulisyanto 

dan  Edy Wiyono  halamam  90-92

 

 

 

 

Buku IPA Salingtemas, Kelas V Karangan Choiril Azmiyawati, Wigati Omegawati, Rohana Kusumawati halaman 88-89

 

2.

Media

:

Magnet, karton, paku, karet penghapus, pulpen, paku  payung, pensil, peniti, uang logam, potongan kain, potongan kertas

  1. I.        

Penilaian

 

 

 

  1. Penilaian Kognitif

 

 

 

a. Penilaian Produk

(1) Teknik Penilaian :

Prosedur

:

Post Test

Jenis

:

Tulis

Bentuk

:

Test Uraian

(2) Rubrik Penilaian : Terlampir

b.  Penilaian Proses

(1) Teknik Penilaian : Non Test (Pengamatan)

(2) Rubrik Penilaian : Terlampir

  1. Penilaian Afektif

(1) Teknik Penilaian : Non Test (Pengamatan)

(2) Rubrik Penilaian :

 

           

No.

Aspek Penilaian

Skor

1.

Kerjasama

2 jika dapat bekerjasama dengan teman satu kelompok.

1 jika tidak dapat bekerja sama dengan teman satu kelompok.

2.

Menghargai Pendapat

2 jika mampu menghargai pendapat orang lain

1 jika egois mempertahankan pendapatnya sendiri

3. Penilaian Psikomotor

     (a) Teknik Penilaian: non tes (pengamatan)

     (b) Rubrik Penilaian:

No.

Aspek Penilaian

Skor

1.

Ketepatan

Rentang nilai 1- 4

2.

Kejelasan

Rentang nilai 1- 4

4. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

     Kriteria Ketuntasan Minimal Kompetensi Dasar ini  sebesar 70.

 

Kepala Sekolah

 

 

 

Fauzie, A.Ma.Pd

NIP.19532101 197604 1 001

 

 

 

…………………………….

 

Yogyakarta, 8 September 2011

Praktikan

 

 

 

JUMADI

No. 11046002710141

  1. J.    LAMPIRAN
  2. a.    Lembar Kerja Siswa

Lakukan percobaan berikut ini!

 

  1. b.    Kunci LKS

Nama Benda

Bahan Penyusun

Sifat Benda

Dapat Ditarik Magnet

Tidak Dapat Ditarik Magnet

Paku

Logam

Penghapus

Karet

Pensil

Kayu

Pulpen

Plastik

Peniti

Logam

 

  1. 1.      Kisi-kisi Lembar Penilaian Kognitif

No.

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator

No Butir Soal

1.

5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)

Gaya Magnet

Menjelaskan pengertian benda magnetis

Menjelaskan pengertian benda tidak magnetis

Mengidentifikasi benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis

1

2

3

Lembar Penilaian Kognitif  dan Kunci Jawaban

Jawablah soal di bawah ini dengan benar!

1.

Apakah yang di maksud dengan benda magnetis itu?

2.

Apakah yang di maksud dengan benda tidak magnetis?

3.

Tentukan 2 benda yang termasuk benda magnetis dan tidak magnetis!

Kunci  Jawaban:

1.

Benda magnetis adalah benda yang dapat di tarik magnet

2.

Benda tidak magnetis adalah benda yang tidak dapat di tarik magnet

3.

Benda magnetis contohnya; paku ; uang logam,peniti

 

Benda tidak magnetis contohnya; pulen, kertas, plastik, kayu

  1. 2.      Kisi-kisi Lembar Penilaian Afektif

No.

Indikator

Waktu penilaian

1.

Bekerja sama mengerjakan tugas kelompok.

Proses

2.

Menghargai pendapat teman dalam diskusi kelompok.

Proses

Lembar Penilaian Afektif

No.

Nama Siswa

Kerjasama

Menghargai Teman

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

 

 

 

4.

Dan seterusnya

 

 

  1. 3.      Kisi-kisi Lembar Penilaian Psikomotor

No.

Indikator

No Butir Soal

1.

Menceritakan pemanfaatan benda yang bersifat magnetis r dan tidak magnetis

1

 

Lembar Penilaian Psikomotor

No

Nama Kelompok

Aspek

Skor

1

2

3

4

1.

 

Kejelasan

 

 

 

 

Ketepatan

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 4.      RINGKASAN MATERI

 

Macam-Macam Gaya

 

Pada bagian sebelumnya telah dibahas bahwa gaya ditimbulkan oleh tarikan  dan dorongan. Berdasarkan sumbernya, gaya dapat dikelompokkan menjadi tiga,yaitu gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.

 

Gaya Magnet

Magnet berasal dari batuan yang mengandung logam besi. Batuan logam tersebut diolah sampai akhirnya menjadi magnet. Tarikan atau dorongan yang disebabkan oleh magnet disebut gaya magnet.

Tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet. Hanya benda-benda yang memiliki sifat tertentu saja yang dapat ditarik oleh magnet.

 

  1. a.                   Mengelompokkan benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis

Benda-benda yang dapat tertarik oleh magnet disebut benda yang bersifat magnetis sedangkan benda-benda yang tidak dapat tertarik oleh magnet disebut benda yang tidak magnetis.

 

Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh magnet. Alat-alat yang memanfaatkan gaya magnet di antaranya pintu lemari es, ujung obeng, ujung gunting, kotak tempat pensil, papan catur, kompas, dinamo, speaker, dan kaset.

 

  1. b.                   Penggunaan Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

 Alat lain dalam kehidupan sehari-hari yang juga menggunakan magnet di antaranya adalah pengunci kotak pensil atau tas,kompas, speaker radio, mikrofon, antena pada mobil remot kontrol, dan alarm pengaman mobil.

 

Magnet juga digunakan pada alat-alat berat untuk mengangkut bendabenda dari besi. Magnet tersebut berasal dari aliran listrik oleh karena itu disebut elektromagnet. Jika tidak ada aliran listrik maka sifat kemagnetannya akan hilang.

 

 

 

  1. Gambar  dan Bagan

Peta Konsep